Gaji Ke 13 PNS Banten Dipotong Untuk Zakat

Gaji Ke 13 PNS Banten Dipotong Untuk Zakat – Pencairan upah ke-13 perangkat sipil negara (ASN) atau PNS di Banten diwarnai rumor tidak enak. Ada selentingan protes masalah pemotongan upah ke-13 beberapa ASN. Apa yang berlangsung?

Pemotongan upah ke-13 ini telah jadi perbincangan di golongan PNS Pemprov Banten. Jumlahnya pemotongannya 2,5 %, diberitakan untuk zakat. Tetapi memang belumlah ada PNS yang berani bernada keras masalah pemotongan ini.

Sekda Banten Al Muktabar yang diminta konfirmasi masalah rumor ini akui belum tahu benar terdapatnya pemotongan upah ke-13 oleh Pemprov. Meskipun begitu, ia menjelaskan, kalaulah ada pemotongan, yang dikerjakan ialah proses zakat, yang banyaknya sesuai kerelaan.

“Tidak ada pemotongan, itu kan buat zakat yang ingin bayar. Kebetulan saya (Sekda) baru, saya tidak clear persis. Jika saya lihat, prosesnya zakat,” tutur Muktabar waktu dihubungi, Selasa (2/7/2019).

Proses zakat itu, kata Muktabar, ditata lewat tubuh zakat Baznas. Untuk pastikan masalah rumor pemotongan, ia menjelaskan akan lakukan penelusuran lebih jauh.

“Jika ada hal yang tidak cocok, kelak saya coba luruskan,” katanya.

Salah seseorang PNS Pemprov Banten yang tidak ingin disebutkan namanya membetulkan terdapatnya pemotongan upah ke-13. Upahnya mendadak dipotong atas fakta zakat. Dia akui keberatan.

“Jadi PNS, saya keberatan upah serta pendapatan lain dipotong zakat 2,5 %. Ini masalah private,” tuturnya waktu didapati di Serang, Banten, ini hari.

PNS yang cemas identitasnya ini disibak ini menjelaskan upahnya dipotong Rp 100 ribu. Bila faktanya masalah zakat, ia menjelaskan tidak sepantasnya besarannya ditata.

“Semestinya masalah zakat dikembalikan ke pribadi-pribadi,” katanya.

Seseorang PNS lain bercerita pemotongan yang sama. Ia menjelaskan, bersama dengan partnernya, disuruh tanda-tangani surat bermeterai yang mengatakan pemotongan itu tidak dipaksakan.

“Jadi kami sangat terpaksa tanda-tangan,” ujarya.

Tidak hanya upah ke-13, katanya, potongan zakat berlaku untuk tunjangan kapasitas (tukin) yang turun tiap tanggal 20. Pemotongan mulai berlaku pada bulan ini.

“Tukin dipotong, upah dipotong, semua bentuk penerimaan dipotong,” katanya.