Ombudsman Tunjukkan Video Pengawal Tahanan KPK Saat Terima Uang

Ombudsman Tunjukkan Video Pengawal Tahanan KPK Saat Terima Uang – KPK mengeluarkan pengawal tahanan yang menjaga Idrus Marham waktu berobat ke RS MMC Jakarta. Ada sangkaan pengawal tahanan itu terima uang sampai mengakibatkan berlangsungnya maladministrasi yang dikatakan Ombudsman.

“Kami menyangka keseluruhnya proses (maladministrasi) ini karena satu (penerimaan uang oleh pengawal tahanan KPK) ini,” tutur Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh Nugroho, dalam temu wartawan di Gedung Ombudsman, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (16/7/2019).

Teguh memutarkan video yang tunjukkan pengawal tahanan berinisial M itu waktu terima uang. Teguh menyebutkan M tidak terima uang dari Idrus langsung, tapi peluang menurut Teguh dari ajudan atau penasihat hukum atau kerabat dari Idrus.

“Sangkaan kami jika ada transaksi di antara faksi yang kami sangka ajudan atau penasihat hukum atau kerabat saudara IM (Idrus Marham) pada petugas waltah (pengawal tahanan) KPK. Barusan di video itu kelihatan cukup jelas,” sebut Teguh.

Hal tersebut sebenarnya yang ingin Teguh tanyakanlah langsung ke pimpinan KPK. Tetapi menurut dia pimpinan KPK tidak ada langsung penuhi panggilan Ombudsman.

Awalnya KPK sudah mengeluarkan pengawal tahanan itu. KPK menyebutkan pengawal tahanan itu disangka terima Rp 300 ribu.

“Disangka Rp 300 ribu,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah pada wartawan, Selasa (16/7).